Membaca Tingkatan VGA Nvidia dan AMD


VGA

 

Banyak Orang Berpendapat bagaimana cara melihat level atau tingkatakan VGA Card. Untungnya Sekarang hanya ada 2 VGA card yang saling bersaing, yaitu Nvidia dan AMD Radeon, meskipun disisi lain ada Intel HD Graphics. Disini saya akan mengulas bagaimana cara membaca tingkatan VGA Nvidia dan AMD. Sebelum saya Jelaskan lebih lanjut harus diketahui bahwa AMD Radeon Merupakan Revolusi dari ATI RADEON. Jadi Biasanya Untuk Versi Lama AMD itu berarti masih ATI.
Untuk AMD :

Untuk VGA AMD kode terdiri dari 4 digit

angka misalnya : 4850, 4670, 5770, dll.

Untuk digit pertama menyatakan generasi dari kartu grafis tersebut.
dimulai dari generasi 1000 sampai saat ini generasi 6000. Diluar itu juga ada generasi 9000 yang terdahulu dan generasi seperti X300 dan X800.
Yang membedakan di sini adalah teknologinya. Teknologi disini biasanya mengacu pada pengembangan chipset yang digunakan.
Pada digit kedua umumnya digunakan angka 3, 5, 6, 7, 8, 9. Menunjukan kelasnya, trdapat 3 kelas yaitu low-end, mid-end, high-end. Biasanya angka “8” atau “9” merupakan kelas high-end.angka “6” atau “7” biasanya kelas mid-end. angka “5“, “4” atau “3” biasanya kelas low-end.
Pada digit ketiga merupakan kelas yg lebih sempit lagi. penulisannya biasanya mirip dengan digit kedua. misalnya 4830, 4850 dan 4870. semakin tinggi angka ketiga, semakin tinggi performanya.
Untuk Nvidia
Tidak beda jauh dengan AMD ,pada dasarnya angka dapan juga menunjukan generasi.
Digit pertama sama dengan AMD
yaitu menunjukan generasi teknologi yang digunakan oleh VGA tersebut. kode yang memakai tiga angka menggunakan teknologi yang lebih baru daripada kode dengan empat angka. VGA GForce seri 9600 menggunakan teknologi lebih baru daripada GForce 8600.
Teknologi ini biasanya pengaruhnya pada tingkat detail grafik yang dihasilkan.
Digit kedua hampir sama dengan AMD
yang menunjukan dari kelas VGA Nvidia tersebut. Biasanya digit kedua ini menggambarkan kelas dari tiap VGA Nvidia, biasanya digunakan angka 3,4,5,6,7 dan 8. Seperti AMD ini juga menggambarkan tingkatan kelas yang ada mulai dari low end sampai high-end.
Digit ketiga adalah nilai revisi, hanya beberapa jenis yang angka ketiganya bukan 0. Biasanya muncul
karena kemampuannya berada diantara 2 VGA yang modelnya telah muncul terlebih dahulu. Misalnya seri model 8750 muncul beberapa saat setelah 8700 dan 8800 beredar.
Huruf dibelakang kode angka tersebut menggambarkan tingkatan kinerja dari satu model VGA. Urutan kode huruf dari kinerja paling jelek ke paling bagus adalah: LE, GS, GSO, GT, GTS,GX, GTX, GX2
-LE adalah kartu VGA yang menggunakan sebagian kapasitas RAM
sebagai memory VGA. VGA jenis ini sudah tidak beredar.
-GS adalah kartu VGA dengan kemampuan terendah. Bidikan penjualan untuk kalangan low-end.
-GSO masih membidik kalangan low-end dengan kemampuan yang lebih stabil dibandingkan dengan GS.
-GT adalah tingkatan standart produksi yang dikeluarkan GForce. VGA seri GT adalah seri rata-rata yang paling banyak beredar.
-GTS membidik kalangan mid-end, yang mencari VGA diatas rata2. Seri ini lebih banyak dicari dengan harga yang terpaut sedikit dari seri GT.
-GX adalah seri ekstrim,namun jenis ini tak banyak beredar karena dianggap nanggung.
-GTX adalah seri sangat ekstrim,membidik kalangan kelas high-end dengan kemampuan jauh diatas rata-rata, begitu juga harganya.
-GX2 adalah VGA dengan 2 chipset VGA yaitu GT dan GTX. Seri ini tak
banyak beredar di Indonesia, karena harganya yang sangat wah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s